Back to homepage

Uji Publik Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah FKIP Unpas 2017


Tema

:

1. Penulisan Karya Ilmiah di FKIP Unpas 2017

            Penulisan karya ilmiah memiliki peranan dan kedudukan yang sangat penting dan merupakan bagian dari tuntutan formal akademik. Di setiap universitas, termasuk di FKIP Unpas, penulisan karya ilmiah dapat berupa bagian dari tugas kuliah yang diberikan dosen kepada mahasiswa, yakni dalam bentuk esai, anotasi bibliografi, reviu buku, dan artikel ilmiah, atau merupakan salah satu syarat penyelesaian studi untuk memperoleh gelar sarjana, magister, maupun doktor dalam bentuk skripsi, tesis, dan disertasi.

2. Tujuan Penyusunan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah di FKIP Unpas

              Pedoman ini disusun untuk memberikan panduan umum kepada sivitas akademika FKIP Unpas terutama para mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Melalui rambu-rambu umum yang disampaikan di dalamnya, diharapkan muncul persamaan persepsi para mahasiswa lintas fakultas dan program studi yang ada di lingkungan FKIP Unpas dalam menulis karya ilmiah, terutama dari segi karakteristik dan sistematika penulisannya.

3. Hal-hal yang Diatur dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah di FKIP Unpas

            Pedoman ini memuat hal-hal pokok terkait sifat, sistematika, dan kaidah yang umumnya berlaku dalam penulisan akademik yang disesuaikan dengan kebutuhan FKIP Unpas. Pedoman ini terdiri atas lima bab. Bab I mengemukakan gambaran umum kedudukan karya ilmiah di FKIP Unpas, tujuan penyusunan pedoman penulisan karya ilmiah, dan hal-hal yang diatur di dalamnya. Bab II memuat pedoman penulisan beberapa bentuk tugas kuliah, yang meliputi esai, anotasi bibliografi, reviu buku/ bab buku/ artikel, dan artikel ilmiah berbasis penelitian. Bab III berisi pedoman penulisan tugas penyelesaian studi, yakni skripsi, tesis, disertasi, dan antologi. Bab IV memaparkan isu orisinalitas dan plagiarisme. Bab V menguraikan beberapa teknik penulisan spesifik yang umumnya dipergunakan dalam penulisan karya ilmiah. Untuk memberikan gambaran yang lebih operasional, pada lampiran terpisah diberikan beberapa contoh teks, yang penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan strukturnya dibahas pada Bab II dan Bab III. Sementara itu, berkaitan dengan gaya selingkung yang dijadikan rujukan penulisan karya ilmiah, versi adaptasi sistem American Psychological Association (APA) menjadi sistem yang direkomendasikan oleh universitas. Sistem APA yang dirujuk pada pedoman ini didasarkan pada buku “Publication Manual of the American Psychological Association”, edisi keenam, tahun 2010, yang disesuaikan gaya penulisannya dalam bahasa Indonesia.



Tanggal : 03 Feb 2017 s/d 03 Feb 2017
Tempat : Lt.3 FKIP Unpas, Jl.Tamansari no.6-8, Bandung
Jam : 08.30-11.00 WIB