Back to homepage

Uji Publik Surat Keterangan Pendamping Ijazah dan Soft Skills Mahasiswa FKIP Unpas 2017


Tema

:

1. Uji Publik Surat Keterangan Pendamping Ijazah

Berdasarkan Permendikbud RI No.81 tahun 2014 tentang ijazah, seritifikat konpetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi dinyatakan bahwa lulusan yang sesuai dngan keahlian dalam pengakuan kompetensi atas prestasi lulusan yang sesuai dengan keahlian dalam cabang ilmunya dan/atau memiliki prestasi di luar program studinya. Prestasi di luar program studinya ini merupakan soft skills. Keterangan tersebut harus dituangkan dalam bentuk Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang mencakup informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi lulusan pendidikan tinggi bergelar. Dalam SKPI tersebut tertuang deskripsi tentang prestasi akademik yang terkait erat dengan penjelasan soft skills yang dimiliki mahasiswa.

2. Soft Skills Mahasiswa

Soft skills merupakan keterampilan dan kecakapan hidup, baik untuk sendiri, kelompok, maupun bermasyarakat, bahkan dengan Sang Pencipta.  kemampuan soft skills ini dimiliki oleh setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh kebiasaan berpikir, berkata, bertindak dan bersikap. Dari berbagai denifisi tersebut dapat dirumuskan bahwa pada dasarnya soft skills merupakan kemampuan yang sudah dimiliki pada diri seseorang, tetapi dapat dikembangkan dengan maksimal dan dibutuhkan dalam dunia pekerjaan sebagai pelengkap dari kemampuan hadr skills. Untuk itu, kemampuan hard skills dan soft skills sebaiknya seimbang, seiring, dan sejalan.

Menindaklanjuti pentingnya  Surat Keterangan Pendamping Ijazah dan Soft Skills Mahasiswa, sehingga FKIP Unpas mengadakan acara "Uji Publik Surat Keterangan Pendamping Ijazah dan Soft Skills Mahasiswa FKIP Unpas 2017"



Tanggal : 03 Feb 2017 s/d 03 Feb 2017
Tempat : Lt.3 FKIP Unpas, Jl.Tamansari No.6-8, Bandung
Jam : 13.00 -15.00 WIB