Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar


EVENT KAMPUS | By Admin PPKn | 01 Feb 2017 |

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar


Jurnal Pendidikan Dasar digagas dan didirikan pertama kali pada 27 Mei 2012. Namun ada perubahan nomenklatur dan susunan personalia yang berbedasehingga diajukan dan diaktifkan kembali dengan nama yang baru, yaitu Pendidikan Dasar, yang sebelumnya bernama jurnal Pedagogy. Adapun tujuan pendirian jurnal tersebut adalah memberi wadah publikasi bagi penulis untuk menuangkan gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah dasar.
Jurnal pendidikan dasar beberapa kali berganti personalia manajemen. Hal ini disebabkan karena berbagai hambatan yang tidak bisa diselesaikan, salah satu diantaranya yaitu kesibukan dari tim pengelola jurnal. Akan tetapi jurnal ini telah terbit dalam bentuk cetak sebanyak 3 volume dan 6 nomor.

Munculnya perubahan paradigma tata kelola terbitan berkala ilmiah yang dimuat dalam Kebijakan Akreditasi oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristek Dikti, serta didasarkan pada Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 1 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Ilmiah yang menerapkan sistem akreditasi berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna), maka tata kelola jurnal pendidikan dasar dikembangkan menjadi sebuah terbitan berkala yang berbasis elektronik. Hal itu dilatarbelakangi dari adanya keinginan pemerintah agar jurnal-jurnal yang terbit di Indonesia terindeks oleh lembaga pengindeks yang bereputasi tinggi, sehingga untuk tahun sekarang ada kebijakan bahwa untuk jurnal offline itu adalah pilihan sedangkan untuk jurnal online itu wajib, bahkan ada wacana bahwa jurnal versi offline akan ditiadakan. Karena berbagai pertimbangan itulah dan tuntutan perkembangan zaman yang berbasis ICT (Information Communication and Technology), maka jurnal pendidikan dasar dikembangkan berbasis OJS (Open Journal System).

Untuk informasi selengkapnya silahkan klik link berikut ini:

http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas




EVENT KAMPUS Lainnya

Write a comment