Kurikulum Program Studi
Dosen_Tetap_LB.png

Tren dan tuntutan Kompetensi SDM abad ke 21 serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi perubahan zaman dan menjadi faktor penting bagi perkembangan dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Hal ini sesuai dengan yang diamantkan dalam Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang menyatakan bahwa “Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, program profesi, program spesialis yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia” Berdasarkan hal tersebut jelas bahwa pendidikan tinggi harus mampu mempersiapkan lulusan-lulusan baik sarjana, magister, maupun doktoral ataupun program profesi yang memiliki konpentesi yang dibutuhkan oleh perkembangan jaman saat ini. Penyesuaian di berbagai aspek di dunia pendidikan tentu perlu dilakukan seperti kebijakan pendidikan dan sistem kurikulum serta implementasi pembelajarannya. Hal ini sebagai respon terhadap perubahan yang terjadi di mana dunia pendidikan dituntut lebih responsif dalam menghasilkan SDM yang unggul, adaptif, kompetitif, serta berkarakter yang siap berkiprah di masyarakat terutama tuntutan dunia usaha dan Industri

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI PPKn
SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

PENGETAHUAN
1.
Menguasai konsep dasar Pendidkan Pancasila dan ilmu Kewarganegaraan sebagai sistem pengetahuan terpadu.
2. Menguasai konsep, prinsip dan pola piker keilmuan yang mendukung pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
3. Menguasai konsep teoritik pedagogik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
4. Menguasai potensi umum peserta didik sebagai insan sosial dan individual yang berorientasi pada kecakapan hidup (
life skill).
5. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
6. Menguasai fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
7. Menguasai prinsip dan dasar-dasar penelitian ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

KETERAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
8. Mampu melaksanakan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

KETERAMPILAN KHUSUS
1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai (assessment) pembelajaran kurikuler, kokirikuler dan ekstra kurikuler di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu.
2. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
3. Mampu melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (
classroom action research).
4. Mampu merencakan dan mengelola sumber daya dalam penyelanggara kelas, sekolah dan lembaga pendidikan yang menjadi tanguung jawabnya dan mengevaluasi aktivitasnya secara komperhensif.
5. Mampu menemukan peluang dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaran kelas, sekolah dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.
6. Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap fenomena dan masalah tentang mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dan ilmu kewarganegaraan dan mempublikasikannya secara ilmiah.
7. Mampu menjadi dan mengambangkan bidang keilmuan PKn sebagai kurikulum dan bahan ajar.

SEBARAN MATA KULIAH