Profil Program Studi
Dosen_Tetap_LB.jpg

A. Identitas Program Studi



B. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi PPKn
1. Visi Program Studi
Tahun 2025 program studi PPKn sebagai LPTK terdepan ditingkat nasional pada bidang pendidikan dan pengajaran PPKn, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan, politik kenegaraan, hukum, dan moral yang dijiwai dengan nilai-nilai agama islam dan nilai-nilai budaya sunda.
2. Misi Program Studi
Mempersiapkan Calon Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mampu:

  1. Mengembangkan proses pembelajaran PPKn yang profesional.
  2. Menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu, teknologi dan inovasi dibidang PPKn.
  3. Mengembangkan syiar agama islam, berprilaku yang se-suai dengan tuntutan norma Pancasila dan nilai agama Islam.
  4. Bekerja di luar pekerjaan guru, sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki.
  5. Berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki keunggulan dan menguasai IPTEK yang berbasis iman dan takwa, berbudi pekerti luhur dan bermartabat untuk membentuk warga negara yang baik
  6. Menjungjung tinggi syiar agama Islam dan memelihara bu-daya Sunda dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia  

3. Tujuan Program Studi
Tujuan program studi PPKn FKIP UNPAS secara umum adalah untuk melahirkan Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, baik sebagai guru PPKn di sekolah lanjutan maupun untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang
lebih tinggi. Adapun rincian tujuan secara khusus adalah sebagai berikut:
1) Menghasilkan sarjana PPKn yang berkualitas, menguasai dasar-dasar ilmiah pengetahuan dan metode penelitian PPKn serta menguasai ilmu kependidikan sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan pengetahuan dan keterampilannya.
2) Mampu menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan-nya dalam rangka membentuk warga negara yang baik, jujur dan demokratis serta memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan sosial.
3) Membekali sarjana PPKn dengan terbentuknya
hard skills dan soft skills .
4) Mampu mengembangkan syiar agama Islam dan budaya Sunda dalam kehidupan pribadi, masyarakat dan kehidupan berbangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.