Hima PKnH FKIP Unpas Wadah Mahasiswa Dalam Pembaharuan
Hima PKnH FKIP Unpas Wadah Mahasiswa Dalam Pembaharuan

Keterangan Gambar : HIMA PKNH Periode 2020/2021


BANDUNG, WWW.PPKN.FKIP.UNPAS.AC.ID — Menjadi wadah mahasiswa PPKn dalam melakukan pembaharuan adalah latar belakang berdirinya Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (Hima PKnH) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasundan.

Ketua umum Hima PKnH, Irwan Hendrawan mengungkapkan bahwa Hima PKnH terbentuk pada mulanya berasal dari sistem pendidikan nasional telah mengalami perkembangan yang sangat baik.

Di mana perkembangan kehidupan mahasiswa yang merupakan bagian internal dari sistem pendidikan nasional tersebut dimaksudkan untuk membentuk manusia yang berkualitas dan bermoral.

“Mahasiswa sebagai bidang insan akademik dan insan organisasi dituntut kepeloporannya untuk melakukan pembaharuan di berbagai bidang, untuk itu diperlukan suatu wadah untuk menampung kreativitas dan aktivitas mahasiswa melalui Hima PKnH sebagai wadah mahasiswa PPKn dalam melakukan pembaharuan,” terangnya.

Hima PKnH saat ini, sambung Irwan berusaha Menjadi role model dan terdepan dalam memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sesuai dengan visi  Hima PKnH Periode 2020-2021 yaitu katara ayana nyata manfaatna.

“Hal ini sudah kami buktikan saat terjadi banjir bandang di daerah cicurug Sukabumi, di mana Hima PKnH responsif mengulurkan bantuan secara nyata dengan mengadakan open donasi,” urainya.

Di samping itu, Hima PKnH juga berusaha menjadi mitra mahasiswa dengan membuat ruang-ruang dialog antara mahasiswa dengan birokrasi.

“Harapan kedepannya Hima PKnH terus masif dalam memberikan kebermanfaatan bagi mahasiswa khususnya masyarakat pada Umumnya,” tandasnya.

Adapun agenda rutin dari HIMA PKnH yang setiap tahunnya meliputi bidang pengkaderan, pengembangan intelektual dan minat bakat mahasiswa, pengabdian kepada masyarakat seperti bakti sosial, LDKM, latihan rutin, tabligh akbar dan dialog mahasiswa.

“Hima PKnH juga telah mengadakan semarak memperingati hari sumpah pemuda yang di dalam kegiatan tersebut terdapat lomba pidato kebangsaan tingkat provinsi Jawa Barat dan webinar yang mengangkat tema implementasi nilai-nilai Sumpah Pemuda di era adaptasi kebiasaan baru,” ulasnya.

Selain itu, sambung Irwan, organisasi yang memiliki 28 anggota ini juga mengadakan acara dialog mahasiswa PPKn untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi kepada Program Studi PPKn FKIP Unpas. Dengan tujuan Hima PKnH dapat menjadi Mitra mahasiswa PPKn FKIP Unpas dan untuk membangun dan memperbaiki Prodi PPKn FKIP Unpas kearah lebih baik.

“Kami juga mengadakan Civic Discussion yaitu kegiatan diskusi yang didalamnya terdapat diskusi pendidikan, diskusi keagamaan, diskusi isu-isu strategis dan memberikan bimbingan Belajar, Civic Discussion Ini bersifat berkelanjutan,” paparnya.

Belum lama ini, terang Irwan Hima PKnH telah melaunching Civic Discussion sekaligus Civic Discussion Jilid 1 yang membahas tentang strategi dan inovasi dalam mengahadapi Resesi Ekonomi dengan narasumber Pengamat Ekonomi Jawa Barat Acuviarta Kartabi selaku, CEO Argo Pesona Indonesia Januardi dan Penggiat UMKM.

“Ke depan insyallah Hima PKnH akan kembali mengadakan Civic Discussion baik mengenai tema pendidikan, keagamaan maupun isu-isu strategis,” jelasnya.

Irwan pun berharap meskipun segala kegiatan dan aktivitas terbentur dengan segala keterbatasan tetapi tidak menjadi hambatan bagi Hima PKnH.

“Kami akan terus berupaya menjadi Role model dan selalu masif dalam memberikan kebermanfaatan bagi mahasiswa dan masyarakat,” pungkasnya penuh semangat kepada pasjabar. (Adm)